Aspek-aspek Teknis Audit Internal dan Kaji Ulang Manajemen Laboratorium Pengujian Sesuai SNI ISO/IEC 17025 : 2008

PENDAHULUAN

Audit interal atau disebut juga sebagai kegiatan “We on Us”, merupakan perangkat manajemen yang unik untuk mengetahui bagaimana suatu laboratorium melakukan pengontrolan yang efektif atas pelaksanaan aspek mutu dari standar atau aturan yang dianutnya. Kegiatan audit menjadi keharusan bagi laboratorium yang menerapkan SNI/ISO/IEC 17025:2008, yang perlu dilaksanakan secara berkala serta mencakup semua unsur sistim manajemen, temasuk kegiatan pengujian dan/atau kalibrasinya.

Tujuan audit internal bukan hanya untuk mengidentifikasi adanya ketidaksesuaian antara standar yang dianut dengan pelaksanaannya, tetapi juga menjadi titik awal dalam upaya perbaikan yang menyeluruh dan berkesinambungan dalam sistim manajemen mutu laboratorium.  Melalui audit, dapat diciptakan pula suatu mekanisme kontrol untuk mengetahui bahwa permasalahan yang ada telah dikoreksi dan langkah perbaikannya terbukti efektif. Hasil audit internal yang konstruktif dapat membantu para manajer mutu dalam merencanakan dan mengimplementasikan tindakan perbaikan yang diperlukan agar masalah yang ada tidak berulang serta efisiensi kerja dapat ditingkatkan. Selain itu, laporan audit internal merupakan salah satu materi yang harus diacu pada kaji ulang  sistim manajemen laboratorium serta kegiatan pengujian dan/atau kalibrasi yang dilakukannya.

Manajer mutu bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengkoordinir program audit sedangkan pelaksanaannya dapat dilakukan oleh personel yang selain terlatih dan kompeten; juga mampu memberikan kesimpulan audit yang logis dan dapat diterima semua pihak. Oleh karenanya pelatihan ini dirancang agar peserta dapat memahami prinsip audit sistim manajemen mutu berdasarkan panduan internasional ISO 19011 serta peran dan kompetensi auditor agar audit berlangsung secara efektif.

 

TUJUAN PELATIHAN

Diakhir pelatihan, peserta diharapkan dapat:

1)      Melakukan persiapan pelaksanaan audit internal dan kaji ulang manajemen.

2)      Menguasai tehnik eksekusi audit internal dan kaji ulang manajemen yang efektif serta tindak lanjutnya.

3)      Menulis laporan kegiatan yang komprehensif dan dapat dipertanggungjawabkan.

4)      Lebih memahami aturan yang ditetapkan dalam SNI ISO/IEC 17025:2008.

5)      Mengetahui pentingnya peran dan kriteria yang diperlukan untuk menjadi seorang auditor.

6)      Menerapkan tingkat ketidaksesuaian secara bijaksana.

 

MATERI PELATIHAN

Selain melalui sistim pekuliahan, materi pelatihan juga diberikan dengan melakukan simulasi audit internal serta kaji ulang manajemen laboratorium.

Dalam pelatihan ini banyak diberikan kesempatan pada peserta untuk mendiskusikan permasalahan terkait penerapan SNI ISO/IEC 17025:2008; baik dengan pengajar maupun peserta pelatihan lainnya. Selain itu akan diberikan berbagai contoh permasalahan (kasus) yang sering terjadi pada laboratorium pengujian.

 

MATERI KULIAH

1)      Interpretasi SNI/ISO/IEC 17025:2008.

2)      Pelaksanaan audit internal bagi laboratorium pengujian berdasarkan ISO 19011.

3)      Persiapan dan perencanaan audit internal termasuk menyiapan checklist dan pemilihan sampel audit.

4)      Pelaksanakan audit internal.

5)      Penulisan laporan.

6)      Penetapan ketidaksesuaian  serta tindakan perbaikannya.

7)      Kaji ulang manajemen dan tindak lanjutnya.

8)      Peran dan kriteria auditor.

 

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah staf manajemen, calon atau manajer mutu, supervisor/penyelia, personel laboratorium yang akan atau telah diakreditasi serta personel yang akan dilibatkan  dalam pelaksanaan audit internal serta kaji ulang manajemen ditempat kerjanya. Bagi yang sudah memahami audit internal dan kaji ulang manajemen, pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuannya, sehingga menjadi lebih efisien dalam melaksanakan kedua kegiatan ini.  Tingkat pendidikan sedikitnya Sekolah Menengah Kejuruan Kimia Analisis dan STM Kimia.