Aspek-aspek Teknis Audit Internal dan Kaji Ulang Manajemen Laboratorium Pengujian Sesuai SNI ISO/IEC 17025 : 2008

 

Di era perdagangan bebas saat ini yang berarti persaingan semakin ketat, para produsen dan pelaku bisnis dituntut untuk tetap menjaga dan berusaha meningkatkan mutu produknya agar mampu meraih pasar seluas-luasnya. Mutu produk tidak dapat terlepas dari peran laboratorium dalam menunjang proses pengendalian mutu dan jaminan mutu dari produk yang dihasilkan. Jaminan mutu hasil pengujian amat ditentukan oleh kehandalan dan validitas data pengujian yang dihasilkan apabila laboratorium menerapkan SNI 17025:2008 secara konsisten dan telah memperoleh status akreditasi.

Pengujian sistematik dan mandiri diperlukan untuk menetapkan apakah kegiatan sistim mutu dan hasil yang berkaitan telah sesuai dengan pengaturan yang direncanakan dan apakah pengaturan-pengaturan tersebut diterapkan secara efektif dan sesuai untuk mencapai tujuan dan sasaran mutu. Realisasi pengujian mandiri tersebut direpresentasikan dalam kegiatan audit internal yang diikuti dengan kaji ulang menejemen seperti yang dipersyaratkan oleh SNI 17025:2008 untuk memverifikasi kesesuaian antara kebijakan yang telah ditetapkan dengan pelaksanaannya sehingga tercipta peluang untuk perbaikan dan peningkatan secara berkelanjutan.

Sesuai dengan prinsip manajemen, kedua kegiatan penting diatas yang harus dilakukan secara periodik menjadi tanggung jawab penuh dari para Manajemen Puncak berkoordinasi dengan staf manajemen lainnya untuk menjamin laboratorium dapat beroperasi secara efektif dan efisien. Namun pada kenyataannya kegiatan ini sering tidak berjalan dengan baik dan lancar bahkan tidak terlaksana sama sekali karena kurangnya pemahaman terhadap prinsip dan teknik audit internal dan kaji ulang manajemen.

Untuk membantu industri, laboratorium jasa, lembaga litbang dan perguruan tinggi dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel pengelola terutama staf manajemen laboratorium pengujian, RCChem Learning Centre  akan mengadakan Pelatihan “Aspek-Aspek Teknis Audit Internal Dan Kaji Ulang Manajemen Pengujian Sesuai SNI 17025:2008”. Pelatihan  tersebut terbuka bagi tenaga-tenaga staf dan operasional laboratorium yang berkecimpung dalam bidang pengujian kimia.

 

 

 

Pelatihan  ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam Audit Internal dan Kaji Ulang Manajemen, baik pengetahuan prinsip dasar audit internal dan kaji ulang manajemen maupun keterampilan dalam pelaksanaan di lapangan beserta pelaporannya.

Dengan mendapatkan materi kursus ini diharapkan peserta dapat :

1.       Memahami jenis-jenis audit dan manfaatnya.

2.       Memahami program dan prosedur audit internal dan kaji ulang manajemen.

3.       Mampu membuat perencanaan dan persiapan audit internal.

4.       Memahami prinsip kaji ulang manajemen dan pelaksanaannya.

5.       Mampu membuat pelaporan audit internal dan kaji ulang manajemen.

 

 

Terdiri dari dua bagian, yakni kuliah di kelas dan praktikum di laboratorium atau mock assesment. Teori dasar dan aplikasi diberikan secara sederhana dan praktis. Praktikum diberikan secara intividu atau kelompok.

 

 

·         Interpretasi SNI 17025:2008.

·         Jenis-jenis Audit.

·         Pembuatan Program Audit dan Kaji Ulang Manajemen.

·         Perencanaan Audit dan Kaji Ulang Manajemen.

·         Pelaksanaan Audit dan Kaji Ulang Manajemen.

·         Pelaporan Audit dan Kaji Ulang manajemen.

 

Pokok-pokok atau ringkasan kuliah diberikan dalam bentuk diktat. Pendalaman materi diberikan dengan cara diskusi.

 

 

·         Mock assesment di laboratorium pengujian terakreditasi oleh KAN.

·         Pembuatan laporan Audit dan Kaji Ulang Manajemen.