Pelatihan Dua Hari: Aplikasi Perangkat Lunak untuk Keperluan Laboratorium

TUJUAN

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mengaplikasikan perangkat lunak yang ada dalam Microsoft Office untuk menyelesaikan perhitungan yang dihadapi laboratorium sehari-hari. Program EXCEL disini digunakan terutama dalam pengolahan angka (Aritmatika) pada data-data pengamatan/percobaan yang diperoleh laboratorium

Dengan mendapatkan materi pelatihan ini  diharapkan peserta dapat:

  1. Mengenal EXCEL sebagai suatu program yang sangat berguna untuk menghemat waktu  personil laboratorium. EXCEL terutama berguna untuk melakukan perhitungan yang berulang dari suatu set data yang sangat besar
  2. Mengaplikasikan kemampuan EXCEL untuk menghitung simpangan baku, simpangan baku relative, koefesien variasi serta menetapkan presisi dan akurasi data  yang diperoleh personil laboratorium pada saat melakukan validasi/verifi-kasi metode.
  3. Mengaplikasikan kemampuan EXCEL untuk membandingkan metode atau membandingkan analis
  4. Mengaplikasikan kemampuan EXCEL untuk melihat distribusi dan populasi data dalam bentuk kurva distribusi normal (Kurva Gauss)
  5. Mengaplikasikan kemampuan EXCEL untuk melakukan seleksi data. Apakah ada beberapa data pengamatan yang perlu dibuang terlebih dahulu, sebelum dilakukan perhitungan lebih lanjut
  6. Mengaplikasikan kemampuan EXCEL dalam mencari garis regresi serta membuat kurva kalibrasi.
  7. Mengaplikasikan kemampuan EXCEL dalam mencari nilai konsensus dari suatu uji profisiensi

 

MATERI KULIAH & PRAKTIKUM

Dalam pelatihan ini lebih banyak peserta praktek menggunakan computer. Kuliah hanya diberikan sebagai pengantar bahan praktikum saja.

1.         Memasukkan data pada spreadsheet (spreadsheet adalah perangkat lunak dimana berbagai data dapat dimasukkan dalam bentuk tabel)

2.         Menghitung dengan EXCEL dan Membuat rumus pada EXCEL

3.         Mengaplikasikan fungsi-fungsi yang tersedia pada EXCEL untuk menghitung data pengamatan/percobaan laboratorium

4.         Menghitung korelasi dan regresi menggunakan EXCEL

5.         Mengaplikasikan EXCEL untuk uji banding metode, analis ataupun uji banding laboratorium

 

Melalui praktikum yang intensif ini, diharapkan para peserta sekembalinya dari mengikuti kursus ini akan dapat menguasai penggunaan program EXCEL dan mengaplikasikannya untuk keperluan pekerjaan laboratorium sehari-hari.

 

Penanggung Jawab Materi : Dr. Julia Kantasubrata

PESERTA PELATIHAN

Pelatihan ini khusus diberikan untuk para staf dan teknisi laboratorium pengujian yang sama sekali belum mengenal atau jarang menggunakan program EXCEL.Ijazah minimal adalah Sekolah Kejuruan Kimia Tingkat Menengah Atas dan juga  para sarjana kimia yang pekerjaan sehari-harinya berkaitan dengan Laboratorium pengujian.