Estimasi Ketidakpastian Pengukuran untuk Uji Mikrobiologi

 

Pengukuran ketidakpastian sudah lama  menjadi persyaratan pada analisis kimia dan fisika  namun baru-baru saja hal ketidakpastian dinyatakan oleh para ahli mikrobiologi.  Konsep yang diterima untuk pengukuran tingkat ketidakpastian yang berkaitan dengan pengujian mikrobiologi , sesungguhnya yang diinginkan adalah tingkat keyakinan (konfidens)   yang dapat dicantumkan untuk hasil-hasil pengujian tertentu. Prosedur akreditasi laboratorium,  dalam hal definisi dan standarisasi metoda lab, secara nasional dan internasional , mencari cara untuk mendefinisikan tingkat ketidakpastian yang dapat dicantumkan pada  suatu pengujian mikrobiologi , semakin  meningkat.   

Evaluasi pengukuran ketidakpastian merupakan persyaratan bagi laboratorium yang melaksanakan sistim akreditasi   ISO/IEC 17025   dan hal ini mencakup laboratorium yang melakukan pemeriksaan mikrobiologi. 

Kebanyakan pengujian mikrobiologi , hasilnya tidaklah sempurna tanpa mencantumkan penafsiran signifikansinya. Tanpa suatu ukuran  kedapat percayaan dari hasil, penafsiran yang dibuat tidak akan berarti sesuatu, dan  penentuan  pengukuran ketidakpastian menjadi persyaratan dari suatu organisasi/badan yang menetapkan spesifikasi komersial, batas-batas perundang-undangan dan standar serta badan yang bertugas melakukan pengawasan . 

 

 

Pelatihan bertujuan untuk memberikan wawasan menyeluruh dari dasar, prinsip dan cara untuk mengestimasi ketidakpastian pengujian, sehingga peserta kursus dapat mengetahui apa saja yang harus di lakukan untuk mengestimasi ketidakpastian pada pengujian mikrobiologi di laboratorium.

Dengan mendapatkan materi pelatihan ini diharapkan peserta dapat :

·         Mempunyai pengetahuan dasar mengenai ketidakpastian pengukuran/pengujian mikrobiologi.

·         Menguasai cara perhitungan estimasi ketidakpastian langkah demi langkah.

·         Mampu membuat prosedur atau instruksi kerja estimasi ketidakpastian pengujian mikrobiologi di laboratorium.

 

 

Pelatihan ini terdiri dari kuliah, demo uji mikrobiologi dan latihan aplikasi perhitungan estimasi ketidakpastian pengujian mikrobiologi. Peserta dapat membawa prosedur pengujian mikrobiologi yang di lakukan di laboratoriumnya masing-masing dan metode pengujian tersebut dapat di jadikan studi kasus pada latihan aplikasi perhitungan ini.

 

 

·         Pengantar  

·       Metoda dan teknik penentuan  ketidakpastian  , yang mencakup latar belakang, komponen ketidakpastian, sample, sub-sample dan pengenceran, teknik-teknik yang meliputi:  Ketangguhan metoda mengenai pengaruh kesalahan pada penyiapan  media, Variasi Temperature, Keadaan dari Mikroorganisme Target, Penyiapan Media dan Pengencerannya, Plating dan Inkubasi, Penghitungan Koloni, Teknik Konfirmasi, Sensitifitas, Spesifisitas dan Selektifitas Media

·         Pertimbangan umum, berupa metoda-metoda kuantitatif, Semi kuantitatif, metoda-metoda kualitatif, metoda-metoda alternatif. 

·         Data untuk validasi dan kontrol yang mencakup validasi metoda, Bahan acuan dan Uji Profisiensi , Pengawasan Mutu Analisis

·        Pendekatan untuk penetapan ketidakpastian meliputi  pengorganisasian untuk pelaksanaan inter-lab,  Persyaratan dasar untuk melakukan kolaborasi   (ISO 16140 ), Evaluasi awal dari data kuantitatif, Analisis varians   (ANOVA), Pendekatan alternatif terhadap ANOVA, Penentuan  repeatability dan  reproducibility  menggunakan data  quality monitoring (QM) , Penentuan ketidakpastian dari perkiraan reproducibility, Ketidakpastian yang berkaitan dengan pengujian kualitatif . 

·       Rekomendasi untuk meminimalkan ketidakpastian , mencakup: Personil, Peralatan, Media dan Pengenceran, Inkubasi, Pengambilan Sample Utama, Sample yang akan diuji , Pemeriksaan Kultur dan  Pencatatan Data, Pemantauan Mutu.

Pokok – pokok kuliah atau ringkasan diberikan dalam bentuk diktat (hand out). Peserta dapat memperoleh fotokopi transparansi pengajar untuk memudahkan meringkas pelajaran.

 

 

Peserta adalah para staf dan teknisi bidang pengujian mikrobiologi. Ijazah minimal adalah sekolah kejuruan kimia tingkat menengah atas dan terbuka bagi para sarjana.